Antara Mahalnya Kopi dan Dinginnya Candi

Di postingan kali ini, gue bakal bahas tentang tempat wisata di bagian timur Soloraya. Sebagai orang Solo asli dan tinggal di Solo sejak lahir sampe sekarang, gue sering ditanya oleh temen gue yang dari luar Solo.
‘Mon, Solo lagi ada apa?’
‘Mon, tempat ngehits di Solo selain mall apa?’
‘Mon, di Solo ada apa aja?’
Jujur, gue sering kebingungan jawab pertanyaan-pertanyaan itu. Selain tempat asik di Solo itu ada banyaaakkk banget, gue juga belum explore seisi Solo ini sepenuhnya. Bahkan ketika gue ditanya ‘Mon, Jalan XXX itu di mana ya?’, gue nggak seketika langsung bisa jawab di mana itu, ya karena gue bukan peta yang tau setiap sudut jalan kota Solo. Hehehe

Buat orang-orang yang bertanya-tanya Solo itu ada apa, nih gue kasih liat salah satu tempat wisata hitz yang ada di Soloraya, tepatnya di Ngargoyoso, Karanganyar. Fyi, tempat yang bakal gue review kali ini berhubungan dengan alam lagi dan agak terpencil. Buat yang cari mall dan tempat hura-hura di Solo, mending skip dulu dari blog ini karena gue belum tertarik buat review hal-hal tersebut hehehe.

Suatu ketika, gue diajak sodara gue yang lebih tua main ke suatu tempat yang bernama Bale Bantri. Gue pun mengiyakan untuk ikut dan akhirnya gue ikut main bareng ‘orang-orang dewasa’ itu. Bale Bantri, menurut gue adalah sebuah ‘tea house’ yang mengangkat konsep tradisional di setiap ornamen bangunannya dan alam terbuka untuk dinikmati pengunjungnya. Gimana nggak, di Bale Bantri ada sebuah Joglo yang terbuat dari kayu, di bagian luarnya ada meja dan kursi buat pengunjung yang dikelilingi lapangan luas, dan persis di depan Bale Bantri terdapat jajaran kebun teh. Pokoknya sejuk banget dan suasananya nyaman buat nongkrong bareng temen atau sekadar buat menghindari hiruk pikuk di kota sambil ngeteh atau ngopi.




Akses dari Solo ke Bale Bantri gampang banget, tinggal lewat Jalan Solo-Tawangmangu. Jalanan mulus, cuman ada beberapa tanjakan mudah karena emang tempatnya yang terletak di dataran tinggi Ngargoyoso. Menu yang disuguhkan di Bale Bantri bervariasi, tapi yang utama adalah teh dan kopinya. Ada juga minuman lain dan makanan macam nasi goreng, snack, dan sebagainya. Sayangnya, buat gue harga-harga makanan dan minuman di Bale Bantri sedikit mahal ya hehehe. Range harganya kalo nggak salah Rp 20.000 ke atas. Waktu itu gue cuman pesen kopi (lupa jenisnya apa) yang kalo nggak salah harganya Rp 20.000,-



Gue ini orangnya suka banget kopi, tapi untuk pengetahuan tentang berbagai jenis kopi, asal kopi, dan sebagainya gue nggak terlalu mempelajari, gue cuman suka minum kopi aja hahaha. Gue lumayan excited dengan adanya rumah makan seperti Bale Bantri yang konsepnya etnik, letaknya dikelilingi kebun teh, sejuk, dan mengangkat kopi sebagai produk utamanya. Ketika pesenan gue dateng, gue nggak sabar pengen cobain. Cara penyajian kopi tersebut dipisah sama gulanya, juga ada sepotong wafer buat temen minum kopi. Setelah gue masukkin gula ke dalam kopi, langsung gue seruput kopinya. Nggak lama kemudian gue kaget karena rasanya yang nggak familiar di lidah gue. Rasanya masih pahit banget, padahal gue udah masukkin semua gulanya. Ada sedikit rasa asem di kopinya, tapi nggak masalah. Waktu gue minum sambil makan wafernya, rasa kopinya jadi balance. Tapi wafernya cuman sepotong dan langsung gue makan abis hahaha. Jujur gue ngga gitu suka sama rasa kopinya. Entahlah, mungkin gue yang terlalu katrok jadinya nggak bisa minum kopi mahal, karena terbiasa minum kopi sachetan hahaha. Tapi kopi yang pernah gue minum di coffee shop di kota rasanya juga nggak gitu-gitu banget kok. Soal tempat, gue acungi jempol deh, keren abis pokoknya, stress langsung ilang!


Abis puas menikmati suasana perkebunan teh (lebih tepatnya puas foto-foto), kita lanjut ke Candi Sukuh. Buat ke Candi Sukuh, kita tinggal lanjutin jalan yang udah dilewatin sebelumnya. Dari Bale Bantri ke Candi Sukuh, jalannya mulai ekstrim guys, karena banyak tikungan tajam dan tanjakan yang nanjaknya kebangetan. Apalagi, motor yang gue pake adalah motor keluaran tahun lama, jelas performansinya jauh di bawah motor-motor sekarang yang tinggal gas pol. Di sepanjang perjalanan menuju Candi Sukuh, di kanan kiri kita berjajar perkebunan teh. Sesekali kita melintas di pinggiran tebing yang mengharuskan kita buat ekstra hati-hati. Kalo lagi hujan, jalanan bisa jadi licin banget dan berbahaya.


Setelah gue dan motor gue berjuang melintasi tanjakan demi tanjakan, akhirnya kita sampe juga di Candi Sukuh. Buat masuk ke pelatarannya, kita diwajibkan membayar kontribusi (gue lupa berapa, tapi nggak sampe Rp 10.000,-) dan memakai sehelai kain yang diikat ke pinggang kita. Kalo biasanya wisata ke candi itu identik dengan udara yang panas banget, beda ceritanya kalo kita wisata ke Candi Sukuh. Di Candi Sukuh, suasananya sejuk dan adem banget guys, bahkan bisa kedinginan kalo nggak pake jaket. Kok bisa? Iya, karena Candi Sukuh ini letaknya di dataran tinggi. Bahkan bisa dibilang Candi Sukuh tersebut terletak di lereng Gunung Lawu, jadi jangan heran kalo sering ada kabut dan embun di wilayah ini yang bakal menutup cahaya matahari. 



Candi Sukuh ini juga masih sering digunakan untuk beribadah umat Hindu, jadi tolong saling menghormati ya guys kalo lagi wisata ke sana. Foto-foto boleh, tapi jangan pecicilan sampe ganggu ibadahnya orang lain, dan terutama jangan ngerusak apapun. Soal pemandangannya, nggak usah ditanya lagi, deh. Karena udah pasti jos gandhos! Karena dulu waktu kita kesana udah agak sore dan suasananya mendung mau hujan gitu, jadi kita nggak bisa liat matahari atau menyaksikan sunset. Walaupun gitu, viewnya tetep luarr biasa kok!



No comments:

Post a Comment