8 Langkah Simpel Bikin Sendiri Distressed Jeans di Rumah

Di postingan kali ini, gue bakal menjelaskan cara-cara tentang membuat celana jeans belel/sobek/rombeng. Nggak sekedar menjelaskan, karena selama ini gue juga udah pernah ngelakuinnya sendiri. Gue punya 3 celana jeans yang sobek-sobek, yang 2 sobek karena gue bikin sendiri dan yang 1 lagi sobek karena termakan usia hehe. Entah kenapa gue selalu seneng pake celana sobek-sobek. Mungkin karena terkesan nyantai, nyaman buat hang out, dan yang pasti adem. Tapi gue nggak berani ya, kalo disuruh pake celana sobek waktu kuliah wkakakaka. Celana sobek, emangnya hits ya? Bisa gue bilang celana model begini cukup ngehits, buktinya banyak outlet yang jual celana sobek yang notabene celana sobek bukanlah model celana yang worth it untuk dibeli hehehe. Tapi jujur, gue pake celana ini bukan biar ikutan ngehits, tapi emang karena gue suka dan nyaman aja. Dan jujur, gue nggak bakal ngeluarin duit buat beli celana sobek, alhasil gue bikin sendiri aja. Yuk cekidot step by stepnya bikin celana sobek!

1. Pilih celana jeans
Step yang pertama udah jelas, yaitu pilih celana jeans yang sesuai dan kalian suka buat dibikin jadi sobek. Mau warna hitam, biru, putih? Model skinny atau longgar? Semuanya boleh. Asal kalian rela celana jeans tersebut bakal disobek, dan yang terpenting mau pake jeans sobek yang udah jadi nantinya, pede aja. Kalo nggak mau pake itu jeans, mending nggak usah bikin sama sekali, deh.



Tips: hasil celana jeans sobek bakal lebih bagus dan alami kalo kalian pake celana jeans yang udah tua atau udah sering banget dicuci, dengan begitu serat-serat di celana jeans udah mulai lemah dan gampang buat disobek-sobek. Selain itu, jeans yang warna lebih cerah hasilnya lebih bagus buat disobek-sobek.

 2. Rencanakan model celana jeans sobek
Buat ngerencanain model celana jeans sobek seperti apa yang pengen kalian buat, kalian bisa browsing di internet tentang model-model celana jeans sobek yang lagi ngehits. Kalian juga bisa bereksplorasi sendiri dan mengembangkan model bagaimana yang ingin kalian buat, karena setiap model celana jeans sobek pastinya punya kecocokan masing-masing terhadap bentuk dan lekuk tubuh. Jadi, pahamilah bentuk tubuh kalian dan tuangkan imajinasi kalian ke dalam celana jeans sobek yang mau kalian buat.


 3. Tandai bagian jeans yang ingin disobek
Pakai celana jeans kalian dan tandai pake pensil bagian mana yang pengen kalian sobek-sobek dan dibikin lubang. Di dengkul? Atau mau di bokong? Itu semua terserah kalian. Dengan menandainya pake pensil, kalian nggak bakal lupa bagian mana yang mau disobek ketika kalian ngelepas celana jeans kalian.



 4. Cari benda yang permukaannya keras
Benda yang permukaannya keras bisa kardus atau papan kayu kecil. Benda ini bertujuan untuk dimasukkin ke bagian dalam celana jeans kalian (tepat dibawah bagian yang ditandai pensil), supaya ketika kalian udah mulai melubangi celana jeans, bagian belakang jeans nggak akan ikut dilubangi. Kecuali kalo kalian emang mau bagian belakang  celana jeans kalian juga sobek dan bolong, nggak usah pake kardus atau papan kayu juga nggak masalah.



 5. Mulai sobek-sobek celana jeans
Menyobek atau melubangi celana jeans ini bisa pake berbagai alat, di antaranya bisa pake sandpaper (amplas), gunting, cutter, atau parutan keju. Pokoknya apa aja yang permukaannya tajam dan kasar bisa digunain buat menyobek celana jeans. Untuk mulai melubangi calana jeans, pertama-tama pake ujung gunting atau ujung cutter dulu, tapi jangan terlalu lebar. Setelah itu, pakelah amplas dengan cara gosok-gosok terus bagian yang pengen disobek sampe serat-serat jeansnya makin tipis dan sobek sedikit demi sedikit.


 6. Tambah bleach (pemutih pakaian)
Tambahin bleach di beberapa bagian celana jeans, seperti di bagian yang udah di sobek, di pinggiran lubang yang udah dibikin, atau bagian tertentu lainnya. Gunakan spons atau sikat gigi bekas buat menotolkan bleach tersebut. Penambahan bleach ini bisa membuat tampilan celana jeans jadi makin ‘tua’ dan alami sobeknya, selain itu juga bisa bikin warna celana jeans yang semula agak gelap jadi makin cerah/memutih.


Tips: kreasikan celana jeans kalian jadi celana jeans sobek yang kalian pengen, semuanya bebas dan bisa dieksplor sesuai imajinasi kalian, asal nanti kalo udah jadi kalian mau dan nyaman pake jeans sobek tersebut.



 7. Cuci celana jeans
   Mencuci celana jeans yang udah disobek-sobek/dilubangi akan mengeluarkan serat-serat celana jeans tersebut, sehingga hasil sobekannya jadi terlihat lebih alami.

 8. Selesai!

1 comment: