Wisata Alam Jogja ala Cewek Motor

Kemarin gue bareng temen-temen SMA gue ngetrip ke Jogja. Awalnya kita berencana mau pergi ber-8, tapi ada beberapa yang php dan gak jadi berangkat, akhirnya kita cuman berangkat ber-4. Kita ber-4 semuanya adalah cewek, dan kita ke Jogja dengan naik motor, kurang strong apa lagi kita? Alasan kita ke Jogja naik motor dan bukan naik kereta adalah karena kita pengen menjelajah seluk beluk Jogja lebih dalam lagi. Kalo naik kereta, paling-paling kita cuman bisa ke Malioboro, Taman Sari, Taman Pintar, Benteng Vredeburg, dsb yang deket sama stasiun Tugu dan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Selain capek jalan kaki, kita juga udah sering ke tempat-tempat tersebut, jadinya bosen hehehehe.

Kita berangkat dari Solo udah agak siang, sekitar jam 10.00 WIB mungkin. Kalo selama ini orang-orang cuman tau Jogja sebagai kota huru-hara, kali ini gue bakal tunjukin sisi ‘pinggiran’-nya Jogja.

Destinasi pertama kita adalah Hutan Pinus Puncak Becici. Hutan Pinus Puncak Becici ini letaknya di Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Patuk, Yogyakarta. Kalo dari Solo dengan naik motor, kita lewatnya di Jalan Solo-Yogya. Begitu sampe di bangjo pertigaan Candi Prambanan, setelah itu belok kiri. Abis itu lurusssss teruuuusss ke arah Piyungan, pokoknya sampe mentok dan ada bangjonya. Nah, di situ belok kiri aja ke arah gunung kidul. Di situ jalannya enak guys, cuman ada beberapa tikungan dan tanjakan aja. Di jalan tersebut bisa dijumpai tulisan ‘Gunung Kidul Handayani’ yang gede dan menjadi icon Kabupaten Gunung Kidul. Jalan terussss, nanti bakal dijumpai juga Bukit Bintang di kanan jalan. Bukit Bintang ini sebenernya juga merupakan destinasi wisata guys, tapi bakal lebih indah banget kalo di malam hari. Karena kalo malam hari, kita bisa ngelihat gemerlap lampu pemukiman penduduk di bagian bawah, jadinya kaya ngelihat bintang-bintang yang banyak gitu. Setelah lurus terus, belok di sebuah belokan di kanan jalan. Belokan ini letaknya sebelum Kantor Polisi Gunung Kidul. Setelah masuk di belokan tersebut, pokoknya jalan teruuuussss aja sampe mentok. Hati-hati karena di sini ada beberapa tikungan dan tanjakan, ada beberapa penunjuk arah juga yang menunjukkan letak Hutan Pinus Puncak Becici.

Nah pas udah sampe, motor kita diparkir di tempat yang udah disediakan. Bayar parkirnya Rp 3.000,-/motor. Untuk masuk ke hutan pinusnya, kita nggak ditarik kontribusi apa pun. TAPI ada sebuah kotak di depan pintu masuknya, yang menyuruh kita menyumbangkan dana sukarela untuk merawat hutan tersebut.
Pemandangan di hutan Pinus, banyak pohon pinusnya, ya?

Memang sih namanya ‘Puncak Becici’, tapi puncak ini nggak seperti yang kalian bayangkan kaya puncak di gunung-gunung kok. Sebenernya gue lebih srek kalo nyebut puncak bukit sih, karena emang tracking-nya nggak terlalu nanjak dan friendly buat siapapun. Karena letaknya hutan tersebut di dataran tinggi, kita bisa ngelihat pemandangan Gunung Kidul di bagian bawah dari Puncak Becici. Apalagi, di hutan tersebut ada semacam rumah pohon dan gazebonya gitu, jadi lebih pengen berlama-lama menikmati alam di situ. Ada juga beberapa ayunan dari kayu di situ, yang pacaran jangan sampe lupa diri ya hehehe.
"Sekawanan" Jomblo

Hampir sampai di Puncak Becici

Fyi, sebenernya di Gunung Kidul ada banyaaakk banget tempat wisata yang keren abis selain hutan pinus. Ada Goa Pindul, Gunung Api Purba Nglanggeran, Kebun Buah Mangunan, dan sebagainya. Pokoknya nggak cukup deh kalo cuman 1 hari berwisata ke Gunung Kidul. Apalagi Gunung Kidul suasananya masih berupa pedesaan, penduduknya pun juga ramah-ramah.

Setelah puas menghabiskan waktu di Hutan Pinus Puncak Becici, kita lanjut ke destinasi: Candi Ijo! Mungkin banyak yang belum tahu keberadaan candi tersebut, karena emang Candi Ijo bukan candi berukuran besar kaya Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Selain itu, aksesnya agak sulit karena letaknya di pedalaman desa. Tapi, salah satu yang bikin Candi Ijo ini sangat mengesankan untuk dinikmati adalah sunsetnya!

Untuk ke Candi Ijo dari Hutan Pinus Puncak Becici, kita ngelewatin jalan yang sebelumnya kita lewati dari Solo. Memang Candi Ijo tersebut kalo dari arah Solo, letaknya sebelum hutan pinus. Tapi kita memilih ke Candi Ijo waktu sore biar kita bisa menikmati sunset yang konon katanya indah banget. Di perjalanan ke Candi Ijo, perut kita udah bunyi karena kelaperan. Makanya kita berhenti di sebuah warung tenda yang menjajakan makanan Jawa Timur kaya seafood, soto, bebek, dan ayam. Di situ gue pesen 1 porsi nasi ayam dan es jeruk. Seporsi nasi ayam tersebut terdiri dari  nasi, ayam goreng, sambel, dan lalapan. Untuk makan dan minum itu semua, gue merogoh kocek gue sebesar Rp 18.000,-

Setelah perut kenyang, perjalanan kita lanjut lagi. Pokoknya jalan luruuuusss teruuuss ke arah Candi Prambanan, tapi nggak sampe bangjo pertigaan Prambanan. Sampe akhirnya ada penunjuk jalan di sebelah kanan bertuliskan ‘Ratu Boko’ dengan arah panahnya ke kanan, masuk ke sebuah gang. Dari situ masuklah kita ke gang tersebut, lalu ada perempatan dan ada penunjuk jalan lagi. Di perempatan itu, untuk ke Candi Ijo kita harus belok kanan. Nah, mulai dari situ selalu ada penunjuk jalan yang bakal mengarahkan kita ke Candi Ijo. Semakin deket ke Candi Ijo, jalan semakin menanjak dan menanjak, belum lagi ada jalan yang berbatu dan nggak rata sedangkan jalannya tetep nanjak. Setelah beberapa lama melewati jalan tanjakan, sampe juga kita di parkiran Candi Ijo. Biaya parkir di situ adalah Rp 2.000,-/motor. Untuk masuk ke pelataran Candi Ijo, kita nggak dipungut biaya sama sekali guys. Kita cuman disuruh buat mendaftarkan rombongan kita, asal, dan tujuan kita dateng ke Candi Ijo. Intinya cuman didata aja.

Kita sampe di Candi Ijo sekitar pukul 17.00 WIB. Foto-foto dikit, menikmati pemandangan dan angin semilirnya. Letak Candi Ijo yang ada di dataran tinggi memungkinkan kita bisa ngelihat pemandangan kota Jogja yang ada di bawah. Awal dateng ke Candi Ijo agak kecewa sih, karena saat itu cuacanya mendung. Jadinya kita khawatir kalo kita nggak bisa lihat sunset di situ. Tapi karena Tuhan mengijinkan kita buat lihat sunset, akhirnya kita bisa menikmati sunset juga tanpa ada awan mendung hehehe. Dan memang indah banget ciptaan Tuhan yang satu ini!
Happiness = Friends + Sunset

Baru juga sebentar lihat sunset, eh pak satpam udah nyuruh kita pergi aja hehehe. Jadi memang Candi Ijo itu sebelum maghrib udah ditutup guys. Ya maklum sih, karena aksesnya yang lumayan sulit dan minim penerangan makanya Candi Ijo cepet tutupnya. Lagipula demi keselamatan kita juga biar bisa sampe rumah lagi dengan selamat.

Satu pesen gue lewat tulisan ini, liburan itu nggak selalu harus di tempat mahal kok. Nyatanya banyak wisata alam keren yang disuguhkan ke kita secara cuma-cuma.